Home / Artikel Website / Mengenal Siklus Hidup Domain

Mengenal Siklus Hidup Domain

Domain Life Cycle

Mengenal Siklus Hidup Domain

 

Mengenal Siklus Masa Aktif Nama Domain

Nama Domain adalah salah satu identitas dimana Anda bisa mengakses Website dengan cepat dan mudah. Ada banyak sekali manfaat dengan website mempunyai nama domain mulai dari branding, alamat website, serta manfaat lainnya yang diberikan dengan adanya nama domain ini.

Sederhananya, nama domain bisa diibaratkan seperti alamat rumah, dimana kita bisa mengakses dan menuju ke website (rumah) yang kita cari. Sehingga pada postingan kali ini Anda harus mengetahui terkait siklus masa aktif domain Anda dan jangan sampai Nama Domain Anda Expired yang bisa saja diambil alih oleh orang lain.

Domain memiliki masa aktif domain selama 1 tahun yang dapat diperpanjang di tahun berikutnya. Jika anda tidak melakukan perpanjangan domain akan menyebabkan domain akan expired atau terhapus dari registrar yang dalam hal ini orang lain bisa membeli domain Anda tanpa proses transfer domain. Hal ini kita kenal dengan status available pada domain yang dapat didaftarkan ulang oleh siappun.

Siklus Masa Aktif Nama Domain

Berikut ini adalah tabel Siklus domain yang perlu Anda ketahui :

Mengenal Siklus Masa Aktif Nama Domain | IDCloudHost - Mengenal Siklus Hidup Domain
Keterangan :

Expired atau Auto Renewal Period
(40 Hari)
  • Auto Renewal Period, di–setup 35-40 hari dari tanggal domain expired; (tanggal berakhir domain + 35 hari)
  • Status domain: renew period
  • Dalam periode 35-40 hari ini domain masih bisa diperpanjang;
Redemption Period
(30 Hari)
  • Redemption Period, di–setup 30 hari dari tanggal berakhir masa auto renewal (tanggal berakhir domain + 35 hari auto renew period + 30 redemption period)
  • Status domain: pending delete;
  • Domain tidak dapat diakses dan telah di hapus oleh sistem. Dalam periode 30 hari ini domain hanya bisa diaktifkan/diperpanjang kembali melalui proses “restore” dengan biaya+denda = 400% dari biaya normal; caranya dengan mengajukan permintaan restore ke registrar.
Pending Delete
(5 Hari)
  • Pending Delete, di-setup 7 hari dari tanggal berakhir masa redemption period. (tanggal berakhir domain + 35 hari auto renew period + 30 redemption period + 7 hari pending delete)
  • Pada tahap ini, tidak ada kemungkinan bagi pemilik domain untuk melakukan perpanjangan (renew atau restore). Domain akan tersedia (available) bagi setiap pendaftar setelah masa 7 hari pending delete berakhir. Pendaftaran domain melalui persyaratan dan first come first served layaknya pendaftaran domain baru.

Whois LookUp dan DNS LookUp

Whois Lookup merupakan salah satu tools atau aplikasi yang memberikan data berupa informasi suatu domain tertentu seperti kepemilikan domain, alamat, informasi kontak, nameserver, serta informasi lainnya.

DNS atau Domain name Server adalah sebuah aplikasi atau service yang dapat membantu kita untuk menerjemahkan domain name ke IP Address

Sumber: https://idcloudhost.com/panduan/mengenal-siklus-masa-aktif-nama-domain

Check Also

Memilih Jasa Pembuatan Web yang Tepat

Memilih Jasa Pembuatan Web yang Tepat

Memilih Jasa Pembuatan Web yang Tepat | Ada banyak Jasa Pembuatan Web di dunia maya, dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.